Learn Editing Video

Wednesday, 27 December 2017

7 Alasan Kenapa Adobe Lightroom Digunakan Sebagai Mengedit Foto


Ilmu Gratis Gan - Hallo sob, jumpa lagi dengan saya pria yang tidak kenal lelah dengan hal yang baru. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi opini sedikit mengenai kenapa atau alasan saya memilih adobe lightroom sebagai mengedit foto atau membuat lut untuk video dan kenapa tidak photoshop?. nah pembahasan ini ada 7 alasan yang membuat saya memilih adobe lightroom untuk mengedit foto langsung saja simak di bawah sob :


7 Alasan Memilih Lightroom Sebagai Mengedit Foto

Sebelum masuk ke pembahasan sebenarnya Adobe Lightroom ini di gemari oleh photographer profesonal di luar sana, dan ada sebagian website melakukan riset untuk memilih 2 software yg berbeda, di antaranya adalah Adobe Lightroom dan Adobe Photoshop. Dan ternyata setelah melakukan riset 90% memilih Adobe Lightroom sebagai mengedit foto hmm.. mengapa demikian? 

1. Lebih efisien alias hemat waktu dan tenaga

Jika anda banyak melakukan pengambilan photo maka dengan Lightroom anda tidak usah membuka banyak layer, photo akan ditampilkan secara thumbnails. dan mempermudah anda untuk memilih dan mengedit secara mudah dan cepat.

2. Tampilan program cocok untuk fotografer

Tool dan fungsi yang ada di Lightroom lebih sederhana dan tidak ribet dengan fitur-fitur lainnya, fitur yang disediakan lebih ke arah penggunaan efek warna, crop, preset, dan ukuran pixel.

3. Cukup perkasa dan kaya fitur

Selain fitur standar fotografer di Lightroom juga menyediakan beberapa fitur lainnya seperti menghilangkan jerawat, noise dan bercak pada photo.

4. Tethered shooting

Jika anda bekerja di Studio photo, maka Lightroom sangat wajib dimiliki karena aplikasi ini bisa langsung terhubung dengan kamera dan komputer dengan USB sebagai penghubungnya, Saat anda melakukan pengambilan gambar secara otomatis photo akan tampil dilayar komputer.

5. Non-destruktif editing

Seperti halnya photoshop, aplikasi ini juga mecatat semua histori pengedita, jadi jika kita melakukan kesalahan di step lanjutan maka bisa kembali ke step sebelumnya. 

6. Pilihan preset yang banyak

Hal ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat waktu kerja editing. Fungsi preset di Lightroom mirip dengan "Action" di Photoshop, namun dengan kemudahan untuk melakukan editing ulang setelah preset diaplikasikan pada foto. Untuk jelasnya saya akan bagikan salah satu preset Lightroom saya pada postingan Free Preset Lightroom.

7. File manajemen

Seperti halnya ACDsee, Lightroom juga digunakan untuk melakukan manajemen file photo, mengelompokan photo sesuai jenis, ukuran, tanggal. dll

Apa yang tidak bisa dilakukan di Lightroom? Lightroom tidak bisa memanipulasi objek. Sehingga jika ingin melakukan editing lebih lanjut, bisa dilakukan di Photoshop.

Kesimpulan saya, perbedaan mendasar nya adalah Lightroom adalah software pengolah photo yang cocok untuk para Fotografer, Aplikasi ini memang sangat baik jika digunakan untuk mengolah photo secara profesional, berbeda dengan Adobe Photoshop yang diperuntukan selain retouch photo juga untuk membuat suatu manipulasi photo, sedangkan Adobe Photoshop Lightroom lebih ke arah Retouch photo dan permainan efek warna.


EmoticonEmoticon