Friday, 29 December 2017

Cara Menggunakan Workspace Overview Di Adobe Premiere Pro CC

Ilmu Gratis Gan - Hallo sob, pembahasan kali ini melanjutkan tentang yg saya bahas mengenai Pentingnya Mengenali Interface Di Adobe Premiere Pro CC dan di dalam postingan kemaren, saya ada menyebutkan 6 point penting yg harus kita pahami di adobe premiere, dan salah satunya adalah Workspace. Pembahasan kita kali ini adalah bagaimana kita bisa menggunakan workspace sebaik mungkin di adobe premiere pro dan cara penggunaan yang baik dan benar.


Sebelum masuk ke pembahasan tentang workspace, saya anjurkan untuk membaca artikel yang satu ini, mengenai Proses Tahapan dalam Editing video. Memahami proses editing video sangat membantu teman-teman untuk menjadi seorang editor handal. Dan tidak cuman itu, kalian akan memahami workflow atau aturan kerja seorang editor sesungguhnya.

Oke lanjut ke pembahasan. Seperti gambar di atas, adalah contoh settingan workspace atau template yang tersedia di adobe premiere pro cc. kita akan membahas satu satu yang ada di atas mulai dari tampilan all panels :

Tampilan Workspace dan Kegunaanya

1. Workspace All Panels

All Panels ini adalah salah satu workspace yang paling saya gunakan. Semua panel akan muncul di dalam satu tampilan interface ini, dan yang saya suka di sebelah kanan menampilkan semua yang kita butuhkan, mulai dari effect, lumetri color, pengaturan tittle dan kita bisa liat informasi mengenai video kita.

2. Workspace Assembly 

Untuk Workspace Assembly ini sebenarnya cukup minimalis banget, dan tidak terlalu banyak panel yg kita gunakan. Biasanya untuk workspace assembly ini membantu bagi teman-teman yang mempunyai leptop speknya di bawah rata",mungkin saran dari saya bisa menggunakan Workspace yg seperti ini agar leptop kalian tidak terlalu berat dalam pengeditan.

3. Workspace Editing

Workspace Editing ini akan menampilkan 4 pannel, dan workspace yang satu ini, biasanya saya gunakan untuk memilih scene atau mensortir video yang akan masuk ke timeline editing sob.

4. Workspace Color

Nah ini adalah workspace yang saya gunakan di saat melakukan color grading di video saya, terkadang banyak sekali kesalahan dari pengguna adobe premiere untuk melakukan color grading. Workspace Color ini sangat membantu sekali sebenarnya dalam hal pemberian warna. Dan di workspace color ini sudah menyediakan berbagai macam effect yang khususnya untuk memberikan warna pada gambar, contohnya seperti curve, hue,saturation dan lain lain. 

5. Workspace Effect

Oke Workspace yang satu ini jarang saya pakai, karena saya menggunakan editing, sebenarnya menggunakan workspace ini lumayan membantu juga sih, dari segi timeline editing lebih luas agar kita bisa mengedit dan memberikan effect secara luas. Untuk tampilan preview juga akan di bagi 2. Mugnkin teman-teman bisa menggunakan ini saat pengeditan pemberian effect ke pada video.

6. Workspace Audio

Ini dia Workspace Audio yang sangat membantu sekali tahap pengeditan atau pemberian effect pada sebuah video. Workspace ini saya gunakan biasanya untuk dubbing suara. Bagi teman-teman yang penasaran bagaimana Cara Merekam Suara di Adobe Premiere langsung saja ke artikelnya ya sob.

7. Workspace Graphics

Workspace yang satu ini sebenarnya baru saja ada di Adobe premiere 2017 dan 2018. Workspace ini saya gunakan untuk pemberian sebuah tittle atau penggunaan Essential graphic di video saya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca Cara Menggunakan Essential Graphics di Adobe Premiere Pro CC 2017 & 2018.

Baca : Panduan Lengkap Editing Video di Adobe Premiere Pro CC


Nah sekian itu saja pembahasan saya mengenai penggunaan Workspace di adobe premiere. Jika ada kesulitan atau mau tanya, tinggalin aja di kolom komentar, atau folow akun facebook kita. Terima kasih.