Wednesday, 30 May 2018

Cara Menggunakan Blending Mode pada Adobe Premiere

Pada artikel Free Download Editors Mega Pack saya menyebutkan "untuk menggunakan file Editors mega pack membutuhkan teknik Blending mode atau Overlay agar file tersebut bisa di gunakan pada video teman-teman".

Jadi adanya artikel ini akan membahas kupas tuntas mengenai cara menggunakan blending mode di adobe premiere untuk para pemula atau yang ingin lebih mengerti, tentang Blending Mode.

Baca : Download Overlay Anime Effect Speed Lines Pack 


Penjelasan Blending mode 

Blending mode dapat dikatakan Mode pencampuran di antara beberapa tumpukan video. Blending mode lebih terkenal disebut di kalangan photoshop, namun cara kerjanya pun sama. Ada banyak sekali effect Blending Mode ini, kalian dapat memilihnya dan menyesuaikan dengan tampilan video kalian. Jika masih kurang paham bisa baca artikel ini Blend mode reference.

Cara Menggunakan Blending Mode


Langkah Pertama : Import salah satu File dari Mega Pack

Import hasil download file "Editors Mega Pack" ke dalam sequence timeline. Kali ini saya menggunakan sebagai Light Transition. contoh gambar ada di bawah ini.

Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Mungkin bagi kalian yang pemula merasa kebingungan karena video yang di bawah tidak kelihatan?. 

Baca : Download Editors Mega Pack


Jadi gunanya teknik Blending Mode, digunakan untuk membuat video yang menumpuk bisa menjadi tranparant, seperti halnya menggunakan Key Chorma.


Baca : Download GlitchFX Overlays 


Tetapi disini ada perbedaan menggunakan Key Chorma/Color key dengan Blending Mode. Biasanya yg menggunakan Blending mode itu file video mempunyai background berwarna hitam sedangkan Key Chorma/Color Key mempunyai background  video berwarna Biru atau Hijau, jadi saat menggunakanya bisa saja video malah hancur, kalian bisa liat contoh gambar di bawah ini.


Langkah Kedua : Pergi ke Panel Effect Control

Klik terlebih dahulu file Light Transition > Lalu Buka Effect Control > Liat bagian Opacity> Ganti Mode Blend Mode "Normal" menjadi "Screen". Jangan lupa juga untuk setting Opacity kamu agar video lebih kelihatan natural atau enak dilihat.

Maka hasilnya akan seperti ini : 

Sekian Artikel Cara menggunakan blending mode pada adobe premiere, jangan lupa untuk share keteman-teman kalian yang baru belajar, dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar jika ada yang ingin di tanyakan.